Wabup Buka pertemuan POKJA dan pendampingan advokasi program KKBPK

0
14
dilihat

Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib buka secara resmi pertemuan Kelompok Kerja dan pendampingan advokasi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK), serta Workshop Pokja dan peningkatan kapasitas SDM pengelola Kampung KB tahun 2019 bertempat di Pola Atas Kantor Bupati, Kamis( 07/11).

Wakil bupati H. Amir Sakib dalam sambutannya menjelaskan dalam petunjuk teknis Kampung KB yang dituliskan BKKBN, arti dari Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria tertentu di mana terdapat keterpaduan antara program kependudukan KB pembangunan keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat.

Masih dalam arahanya Wabup H. Amir Sakib mengatakan Tujuan diadakan pertemuan Pokja dan pendampingan advokasi program kependudukan keluarga berencana, informasi keluarga dan Workshop pokja, serta peningkatan kapasitas SDM pengelola Kampung KB adalah menyampaikan informasi kepada kelompok kerja Kampung KB dan lintas sektor terkait.

“ sehingga diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kampung KB” harap Wabup.

Menurutnya Program KKBPK diarahkan untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera dengan menjalankan delapan fungsi keluarga antara lain fungsi agama fungsi pendidikan fungsi reproduksi fungsi ekonomi fungsi perlindungan fungsi kasih sayang fungsi sosial budaya dan fungsi pembinaan lingkungan.

Dijelaskannya, Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah dibentuk Kampung KB sebanyak 21 Desa atau Kelurahan di 13 Kecamatan se Kabupaten Tanjung Jabung Barat dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018, dengan rincian 1 Kampung KB pada tahun 2016 yaitu Kelurahan Harapan Kecamatan Tungkal Ilir, pada tahun 2017 sebanyak 13 Desa/Kelurahan di setiap Kecamatan dan pada tahun 2018 baru saja di canangkan sebanyak 7 desa di 7 Kecamatan.

“ Kepada kepala opd dan instansi terkait Saya berharap secara bersama-sama mendukung keberhasilan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga kkbpk khususnya di Kampung KB sebagai upaya intervensi program pembangunan pada suatu wilayah terendah”jelas Wabup.

Turut hadir dalam acara ini asisten 3 para kepala OPD, para Camat , narasumber dari Provinsi Jambi, paramitra kerja Kampung KB Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta para undangan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

20 − six =