STRATEGI BUPATI SAFRIAL BERANTAS PUNGLI

0
641
dilihat

Menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 dan Instruksi Mendagri tentang Satgas Saber Pungli, Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati (12/1).

 “Instruksi Presiden sudah sejalan dengan visi misi kami, di awal kepemimpinan kami telah berkomitmen untuk melakukan debirokrasi, tidak ada lagi birokrasi biaya tinggi terutama dalam bidang investasi. Agar program ini berhasil harus dimulai dari pimpinan, semuanya harus bisa menjadi sapu yang bersih, mulai dari Bupati, Wabup, Kepala SKPD, Camat hingga Lurah dan Kades,” ujar Safrial.

Bupati juga menyampaikan langkah-langkah yang telah dibuatnya untuk memberantas pungutan liar. “Mustahil pungli ini bisa diberantas tanpa ada kebijakan sektor lain, di periode pertama saya menjadi Bupati saya menerapkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD), mulai tahun 2017 ini saya naikkan TKD hingga 50%. Insya Allah tahun depan akan kita naikkan lagi, dengan catatan kita siapkan perbup jika keuangan daerah lagi turun besaran TKS bisa menyesuaikan,” papar Bupati

Dalam hal birokrasi Bupati juga menyampaikan kebijakannya tentang pelayanan terpadu. “Nantinya semua kita bikin online mulai dari pendaftaran, tidak ada lagi uang cash, jika ada biaya atau retribusi pembayarannya dilakukan lewat bank. Kantor pelayanan terpadu kita bikin lepas tanpa sekat sehingga semuanya bisa transparan.”

Menurut Bupati programnya itu juga membutuhkan partisipasi masyarakat. Masyarakat harus ikut aktif dalam memberikan laporan dan informasi agar tercapai tujuan dari satgas saber pungli. Bupati berharap tim yang dilantik hari ini mampu melaksanakan tugas yang telah diamanatkan sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang ada serta mampu bersikap independen dan tidak memihak.

Dikukuhkan sebagai Ketua Satgas Saber Pungli Tanjab Barat, Wakapolres Tanjab Barat dengan wakilnya Inspektur Kab. Tanjab Barat dan Kasi Intel Kajari Tanjab Barat. Anggota Tim Satgas Saber Pungli berasal dari unsur Kepolisian, Kejaksaan, Inspektorat dan beberapa anggota SKPD.

Hadir dalam pelantikan Ketua DPRD Tanjab Barat Faizal Riza, Wabup H. Amir Sakib, Unsur Forkopimda Tanjab Barat, Sekda H. Ambok Tuo, Kepala SKPD, Staf Ahli, Asisten dan Kepala Bagian Setda, Camat se-Kabupaten Tanjab Barat serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Gerry/Hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

12 − nine =