Disaksikan Bupati Safrial, Pesilat Tanjabbarat raih Dua Pengharagaan

0
190
dilihat

Jakarta-Tim Kesenian Pencak Silat Al Wafi  dari Kecamatan Renah B
Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, berhasil meraih dua penghargaan Penyaji Unggulan Terbaik dan Penatara Rias Busana terbaik.

Tim yang mewakili Provinsi Jambi di Parade Seni Beladiri Pebcak Silat Nusantara ke 1 TMII 2019 ini di saksikan secara langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Safrial didampingi istri Cici Halimah

Didampingi Cici Halimah Safrial, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan , Camat Renah Benaluh Bambang Bupati Safrial menyampaikan bahwa target utama dari ke ikutsertaan Kabupaten Tanjab Barat dalam event ini bukan juara.

“Akan tetapi bagaimana agar Indonesia mengetahui bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki produk warisan budaya leluhur yang sampai sekarang masih hidup ditengah masyarakatnya,” katanya.

Safrial menambahkan, dalam momen ini, kisah yang di angkat yakni perjuangan orang-orang tua kami dalam menghadapi penjajahan Belanda.

“Bahwa kami juga punya panglima-panglima, diantaranya seperti perjuangan Panglima Supi dan Panglima Bujal yang berperang hingga perbatasan Kerinci dan Palembang yang tadi di tampilkan. Ini artinya, daerah kami juga memiliki andil dalam kemerdekaan Indonesia,” papar Safrial.

Sementara, Cici Halimah yang juga  anggota DPRD Kabupaten Tanjab Barat berharap kegiatan semacam ini dapat memberi dampak positif bagi pertumbuhan kesenian Pencak Silat dan juga seni-seni budaya lainnya di daerah.

“Terlepas fungsi saya sebagai Anggota DPRD, tentu saya berharap kegiatan ini akan menumbuhkembangkan kesenian pencak silat di daerah dan tentunya saya akan mendorong agar kegiatan semacam ini dapat kita jadikan terobosan untuk penyusunan program kerja berjenjang melalui dinas terkait untuk menumbuhkembangkan seni budaya tradisional yang kita miliki,” jelas Cici Halimah.

Usai penampilan di gedung sasono Langen Budoyo, Tim Kesenian Pencak Silat Kabupaten Tanjung Jabung Barat selanjutnya melaksanakan kirab Karnaval dan atraksi seni di Pelataran Tugu Api Pancasila Sakti, kemudian melanjutkan kirab di Jalan Raya TMII dan finish kembali ke Anjungan Jambi TMII.

Untuk diketahui, Acara Parade Seni Bela Diri Pencak Silat Nusantara ke 1 TMII 2019 ini, melahirkan juara umum yakni Provinsi Jawa Barat. Dewan juri terdiri dari orang-orang ahli dalam seni beladiri Pencak Silat antara lain Fahmi Badri, Prasetyo Joko Sasongko dan Juri Kehormatan – Maulana Kholid.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

six + 4 =